Cara Menyimpan Video dan Foto di Google Drive

Cara Menyimpan Video dan Foto di Google Drive – Foto dan video merupakan salah satu hasil dari kemajuan era teknologi saat ini. Hanya dengan menekan tombol, kita bisa membuat satu momen berharga menjadi sebuah foto ataupun video. Dengan ini, kita bisa melihat lagi momen-momen berharga yang pernah kita lalui, baik dengan keluarga, kekasih, teman dan mantan. Cieee mantan.

Cara Menyimpan Video dan Foto di Google Drive
Cara Menyimpan Video dan Foto di Google Drive

Google drive sendiri adalah salah satu program layanan yang di berikan oleh Google secara gratis. Ini bisa anda gunakan untuk menyimpan berbagai file, mulai dari foto, video, dokumen dan berbagai file penting lainnya. Sebenarnya masih banyak lagi layanan lain yang di sediakan, namun pada pembahasan kali ini kami ingin berbagi tentang Drive ya.

“BACA JUGA : Cara Mudah Menyimpan Video Instagram Ke Galeri

Layanan ini juga bisa anda gunakan untuk back up berbagai file dari komputer, HP dan laptop kalian agar tidak hilang. Karena ada kalanya smartphone kita mengalami kerusakan. Nah untuk mengantisipasi hilangnya file penting, anda bisa menggunakan layanan ini.

Lantas bagaimana cara untuk menyimpannya ?

Cara Menyimpan Video dan Foto di Google Drive

Ada dua cara yang bisa di lakukan, yaitu dengan metode manual atau secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Menyimpan Video dan Foto di Google Drive Secara Manual

Cara Menyimpan Video dan Foto di Google Drive
Cara Menyimpan Video dan Foto di Google Drive
  1. Jika di smartphone kalian belum ada, silahkan Download dulu Google Drive melalui Playstore. Namun biasanya, aplikasi ini sudah ada dan menjadi aplikasi bawaan di HP kalian.
  2. Instal aplikasinya.
  3. Buka aplikasinya terlebih dahulu agar bisa di gunakan.
  4. Pilih mana file foto, dokumen, atau video yang ingin kalian simpan di Google Drive. Jika file banyak, maka tandai file tersebut.
  5. Klik Bagikan / Share / Kirim pada menu di bawah gambar. Jika masih bingung sobat bisa lihat gambar di atas ya.
  6. Selanjutnya silahkan pilih Akun dan folder mana yang akan digunakan untuk menyimpan file.
  7. Bila sudah ketemu, pilih Simpan atau Save. Maka file kalian sudah tersimpan.

Jika langkah di atas ribet, anda bisa menggunakan dengan secara otomatis saja. Penjelasannya bisa ikuti di bawah ini ya.

Menyimpan Video dan Foto di Google Drive Secara Otomatis

“BACA JUGA : Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Mudah

Menyimpan file secara otomatis. Maksudnya adalah file yang terdapat dalam HP, Laptop dan Komputer kalian akan secara otomatis tersimpan di Google Drive. Jadi anda tidak perlu melakukan penyimpanan satu-satu secara manual.

Untuk bisa tersimpan secara otomatis, anda harus mengaktifkan dulu fitur Auto Add atau Otomatis Tambahkan. Jika fitur ini tidak di aktifkan dulu, maka tentunya file tidak bisa tersimpan secara otomatis.

Lantas bagaimana cara mengaktifkannya ?

  1. Buka akun Google Drive kalian. Jika belum ada bisa Download dulu di Playstore.
  2. Pilih tanda Ikon 3 Garis di kiri sebelah atas.
  3. Pilih Menu Setelan.
  4. Aktifkan fitur Add Add dengan cara menggeser tanda ikon. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.
Cara Menyimpan Video dan Foto di Google Drive
Cara Menyimpan Video dan Foto di Google Drive

Namun perlu di ketahui, untuk kapasitas penyimpanan yang di sediakan oleh Google Drive hanya sekitar 15 GB. Jadi akan sangat terbatas file yang di simpan. Namun meski begitu, anda bisa memilih mana saja file yang benar-benar sangat penting dan harus di simpan.

Sebenarnya untuk pengguna Android versi terbaru bisa dengan menggunakan Google Foto. Namun itu semua tergantung dari pilihan anda mau menggunakan yang mana. Semuanya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Demikian tadi cara menyimpan foto dan video ke Google Drive yang bisa kami bagikan. Jika ada masukan dan pertanyaan bisa anda sampaikan di kolom komentar ya. Sampai jumpa di update artikel selanjutnya.

Selamat mencoba guys !!

Sumber Inspirasi Artikel :

  1. Saung.net