Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Mudah

Cara Cek Tagihan Listrik PLN – Listrik adalah salah satu kebutuhan yang paling penting di era sekarang ini. Bayangkan jika di zaman kemajuan teknologi listrik sering putus atau padam. Akan banyak sekali aktifitas terhenti gara-gara masalah ini.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN
Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Listrik di gunakan pada berbagai macam instansi baik resmi maupun tidak. Semua rumah bahkan berbagai perlatan lainnya juga sangat memerlukan listrik ini. Pabrik-pabrik yang memproduksi pun kebanyakan memanfaatkan listrik ini untuk menunjang kegiatan. Misalnya saja untuk menggerakkan mesin-mesin elektronik, lampu penerang, jaringan komunikasi dan lain sebagainya.

Maka dengan semakin pentingnya listrik bagi penunjang kehidupan, pihak PLN tentu semakin gencar menyebarluaskan ini. Mereka berusaha menjangkau plosok-plosok daerah yang belum terdapat daya listrik agar dapat membantu kemakmuran masyarakat.

“BACA JUGA : Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel dengan Mudah

Saat ini penggunaan listrik sudah sangatlah besar. Berbagai pembangkit listrik baru dengan berbagai inovasi juga sudah muncul. Misalnya saja ada perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ), Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ) dan lainnya. Ini tentu akan sangat membantu untuk jangka panjangnya.

PT PLN ini mempunyai kantor pusat di Jalan Trunojoyo Blok M – I No 135 Kebayoran Baru, Jakarta. Dengan motto PLN “Listrik untuk kehidupan yang lebih baik” tentu mereka selalu mengupayakan maksimal pelayanan terhadap masyarakat.

Sebagai pengguna Listrik PLN ini, anda juga harus mengetahui jenis apa yang anda gunakan. Ada 2 jenis layanan listrik yang disediakan oleh PLN. Lalu apa saja sih ? Bagi anda yang belum mengetahui berikut penjelasan singkatnya.

Jenis Listrik PLN

Ada dua jenis instalasi listrik yang di berikan oleh PLN, yaitu :

Listrik Prabayar

Apa sih listrik prabayar itu ? Listrik Prabayar adalah sistem pembayarannya dengan menggunakan pulsa atau yang di kenal dengan token. Tentu anda sudah tidak asing kan dengan istilah “pulsa listrik” ? Nah itu lah yang kami maksud disini. Cara kerjanya mirip dengan pulsa, yaitu anda membeli dulu lalu baru menggunakannya.

Anda cukup dengan membeli ke konter atau indomart yang support pembelian token listrik ini. Adapun cara untuk mengisi token listrik akan saya bagikan di update selanjutnya ya.

Untuk tanda jika listrik anda akan habis biasanya bunyi suara tiiiit…. berulang kali. Dan terdapat lampu merah yang berkedip. Anda juga bisa menyetel suara tersebut. Misalnya saat token listrik tinggal 5, alarm tersebut baru bunyi. Atau jika ingin menyetel listrik masih 10 bunyi juga bisa. Tergantung kebutuhan saja.

Namun jika anda tidak paham cara settingnya, saya pribadi menyarankan untuk menghubungi pihak PLN saja. Ini bertujuan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan jika memang tidak memiliki pengetahuan soal kelistrikan. Sistem ini terbilang masih baru dan diperkenalkan sekitar tahun 2010.

Listrik Pascabayar

Listrik Pascabayar adalah sistem pembayarannya setiap bulan. Misalnya di daerah anda setiap tanggal 1-10 adalah jangka waktu pajak listrik. Kalau di daerah saya biasa dikenal dengan istilah “pajekan listrik”. Artinya sudah waktunya bayar listrik.

“BACA JUGA : Cara Cek Saldo ATM BRI dengan Mudah

Sistem ini terbilang paling banyak digunakan untuk saat ini. Selain tidak perlu ke konter untuk beli token listrik, anda hanya tinggal menggunakannya saja. Namun saya pribadi menyarankan untuk berhemat listrik. Selain menghemat pengeluaran, ini akan lebih bijak jika di bandingkan dengan penggunaan yang tidak terkontrol.

Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa waktu yang lalu pemerintah sempat mencanangkan slogan untuk hemat listrik. Ini karena untuk menyeimbangkan ketersediaan listrik dengan kebutuhan listrik yang sangat besar di Indonesia.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Terdapat beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk cek taghan listrik anda. Untuk penjelasannya berikut ini ya.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS

Ada dua pilihan pada cara cek tagihan listrik lewat sMS ini. yang pertama anda cek bagian Pada kurun waktu 1 bulan . Sedangkan yang kedua anda mengecek secara continue. Artinya, anda akan berlangganan untuk memperoleh informasi tagihan listrik setiap bulannya. Untuk lebih jelasnya simak tutorial berikut.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS
Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS

Cara Cek Tagihan Listrik per Bulan.
Untuk langkah yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengirim SMS. Formatnya yaitu REK <spasi> nomor ID pelanggan lalu kirim ke 8123.

Sebagai contohnya, REK 689577889 8123 Kirim ke 8123.

Cara Berlangganan Pemberitahuan Tagihan Listrik
Untuk langkah yang harus dilakukan juga sama. Caranya ketik dengan Format PLN <spasi> ON <spasi> 12 Angka ID pelanggan lalu kirim ke 8123.

Sebagai contohnya, PLN ON 898874859874 kirim ke 8123. Dengan cara ini ini anda akan memperoleh informasi setiap bulannya tentang tagihan listrik di rumah anda.

Cara Berhenti Berlangganan Pemberitahuan Tagihan Listrik
Jika anda ingin berhenti berlangganan cukup dengan mengganti menjadi OFF. Agar tidak bingung berikut adalah formatnya. Ketik PLN <spasi> OFF <spasi> 12 Angka ID pelanggan lalu kirim ke 8123.

Sebagai contohnya, PLN OFF 598969896587 lalu kirim ke 8123.

Sebagai informasi tambahan, anda akan di kenakan biaya SMS kurang lebih Rp. 500 + pPN 10%.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via Telepon

“BACA JUGA : Cara Cek Saldo ATM Mandiri

Selain menggunakan SMS, anda juga bisa menggunakan telepon. Untuk cara cek tagihan listrik ini bisa anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Anda hanya cukup melakukan panggilan ke call centre PLN yaitu di 123.

Jangan lupa anda cantumkan kode wilayah anda. Misalnya daerah jakarta menggunakan kode area 021. Maka saat anda telepon ke PLN yaitu (021) 123. Atau misalnya kode anda 0273. Berarti saat telepon nanti (0273) 123.

Untuk biaya teleponnya sendiri di kenakan tarif normal. Mungkin tiap kartu perdana mempunyai biaya yang berbeda untuk telepon ini.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online

Untuk langkah cek tagihan listrik secara online ini bisa melalui 4 cara. Anda bisa memilih salah satu dari cara di bawah ini. Berikut penjelasan dan langkah-langkahnya.

Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Website

Mungkin anda akan khawatir adanya pembengkakan biaya listrik bulan ini. Nah untuk mengetahuinya anda bisa cek melalui website. Namun website yang anda kunjungi harus yang berintegritas dan memiliki data yang cukup akurat dari PLN. Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka website cek tagihan. Salah satunya adalah www.cekbill.com.
  2. Pilih menu Cek Tagihan Listrik PLN pada sebelah kiri atas.
  3. Jika sudah, masukkan Nomor ID Pelanggan anda.
  4. Masukkan juga Kode Captcha yang tertera.
  5. Berikutnya klik Cek Tagihan.
  6. Tagihan anda akan muncul secara otomatis dan terdapat status sudah terbayar atau belum.

Untuk lebih jelasnya saya sertakan gambarnya di bawah ini.

Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Android

Jika anda lebih senang menggunakan aplikasi, maka anda akan lebih mudah. Caranya sebagai berikut.

Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Android
Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Android
  1. Download aplikasi PLN Mobile Aplikasi di Playstore lalu Instal.
  2. Jika sudah pilih Informasi pada tab menu.
  3. Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Selanjutnya masukkan Nomor ID pelanggan dan Nomor Meteran anda.
  5. Beikutnya Klik Cari.
  6. Aplikasi akan menampilkan Jumlah tagihan dan statusnya sudah terbayar atau belum.

Cek Tagihan Listrik PLN Lewat iOS

Jika anda adalah pengguna Apple, bisa juga cek tagihan lewat aplikasi PLN. Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan. Agar lebih mudah, saya menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi PLN Mobile seperti tutorial di atas. Aplikasi tersebut tersedia secara gratis. Untuk langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Download aplikasi PLN Mobile Aplikasi lalu Instal.
  2. Jika sudah pilih Informasi pada tab menu.
  3. Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Selanjutnya masukkan Nomor ID pelanggan dan Nomor Meteran anda.
  5. Beikutnya Klik Cari.
  6. Aplikasi akan menampilkan Jumlah tagihan dan statusnya sudah terbayar atau belum.

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk cek tagihan anda. Namun juga bisa digunakan untuk cek riwayat pemakaian dan biaya listrik, transaksi token listrik, info status listrik, cek riwayat pemakaian kwh listrik dan berbagai informasi lainnya.

Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Email

Agar anda bisa memperoleh informasi tagihan listrik, bisa di lakukan melalui email. Namun email yang anda gunakan harus terdaftar dahulu di e-billing PLN. Pada beberapa waktu yang lalu masih bisa mendaftar melalui website resmi PLN.

Namun seiring dengan kebijakan dan peraturan baru, anda bisa tanyakan hal tersebut via email di [email protected]. Atau juga bisa melalui akun media sosial Twitter milik PLN yaitu @pln_123 serta akun Facebook PLN 123. Silahkan ikuti prosedur dan langkah-langkah yang akan di berikan oleh pihak PLN.

Kesimpulan

Dari berbagai cara yang kami bagikan tadi, anda bisa memilih mana metode yang pas dan mudah digunakan untuk anda. Selain itu, kami pribadi menyarankan untuk menghemat pemakaian listrik. Terutama dengan langkah sederhana saja sudah cukup. Misalnya mematikan perangkat elektronik yang tidak terpakai guna menghemat listrik.

Demikian tadi cara cek tagihan listrik yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga dapat membantu dalam mengontrol penggunaan listrik dirumah anda.

Jika ada masukan dan ide penulisan artikel bisa anda cantumkan di kolom komentar ya. Sampai bertemu di update artikel selanjutnya guys..

Selamat mencoba.

Sumber inspirasi artikel :

  1. cermati

Source of Images :

  1. PLN
  2. Google play PLN Mobile Apk.