Cara Cek Barang JNE dengan Mudah

Cara Cek Barang JNE dengan Mudah – JNE merupakan salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia dalam bidang pengiriman barang. Mereka bersaing dengan beberapa penyedia jasa pengiriman lainnya yang ada di Indonesia. Apalagi di zaman teknologi yang semakin canggih ini, tentu mereka memanfaatkan kemajuan tersebut untuk membantu pekerjaan.

Cara Cek Barang JNE

Selain itu, JNE juga bekerja sama dengan berbagai toko online sebagai media pengiriman barang ke konsumen. Seperti judul artikel di atas, menunjukkan bahwa JNE juga memanfaatkan adanya kemajuan teknologi internet. Anda bisa dengan mudah mengecek barang yang di pesan sampai daerah mana. Ini tentu akan sangat membantu.

Terkadang kita was-was barang yang kita pesan tidak kunjung sampai ke rumah. Memang memerlukan beberapa hari untuk barang yang kita pesan bisa sampai. Itu tergantung paket apa yang anda ambil. Di JNE sendiri terdapat 3 paket pengiriman yang biasa di gunakan oleh konsumen. Apa saja itu ? Berikut jenis paket pengirimannya.

Jenis Paket Pengiriman JNE

“BACA JUGA : Cara Cek Tagihan Listrik Rumah Anda dengan Mudah”

Ada beberapa yang biasa orang gunakan, yaitu :

  1. OKE, yaitu jenis paket JNE yang memiliki waktu pengiriman paling lambat. Untuk berapa waktunya tergantung dari daerah yang di tuju. Selain itu, jenis ini juga memiliki harga yang paling murah.
  2. Reguler, yaitu jenis paket JNE yang memiliki waktu pengiriman seimbang. Artinya tidak cepat dan juga tidak lambat. Untuk waktunya juga tidak mesti dan tergantung daerah tujuan.
  3. Express, yaitu jenis paket JNE yang memiliki waktu pengiriman tercepat. Dengan jasa pengiriman yang cepat ini tentunya mempunyai biaya yang lebih mahal di bandingkan jenis lainnya. Sebab barang yang menggunakan jenis ini tentu akan memperoleh prioritas yang lebih.

Waktu yang di butuhkan untuk jenis paket JNE di atas berbeda-beda. Tergantung jauh atau tidaknya daerah yang akan di tuju. Di dalam data JNE sendiri terdapat waktu rata-rata yang sudah tertulis. Jadi tinggal menunggu proses dari JNE-nya saja.

Meski paket yang di tawarkan memiliki harga dan waktu yang berbeda, namun JNE tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Lantas bagaimana cara cek barang JNE anda ? Simak langkah di bawah ini ya.

Cara Cek Barang JNE dengan Mudah

Adapun untuk cek barangnya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya guys.

“BACA JUGA : Cara Melihat Stalker Instagram Anda

Cara Cek Barang JNE
Cara Cek Barang JNE

Cara Cek Barang JNE

  1. Silahkan buka website resmi JNE, ini linknya.
  2. Jika sudah anda akan melihat menu Lacak Kiriman. Masukkan Nomor Resi barang kalian lalu Klik Tracking.
  3. Maka secara otomatis status dari barang yang anda cari akan secara otomatis keluar hasilnya.

Saat hasil anda muncul biasanya akan terdapat beberapa keterangan dalam bahasa inggris yang mungkin membuat bingung. Artinya apa ya? Seperti saya dulu juga tidak tahu artinya, hehehe… Nah biar tidah bingung, berikut penjelasannya.

Keterangan Status di JNE

“BACA JUGA : Cara Cek Saldo ATM BRI dengan Mudah

  1. On-Process artinya barang masih dalam proses pengiriman atau perjalanan ke alamat tujuan.
  2. Delivered adalah barang telah sampai ke alamat dan nama yang ada di data pengiriman.
  3. Manifest berarti barang sudah didaftarkan dan telah siap dikirim dari kantor JNE pengirim.
  4. On-Transit artinya barang sedang di kota lain untuk menuju ke kota tujuan barang tersebut.
  5. Received on Destination adalah barang telah sampai di JNE kota tujuan, dan akan dikirim ke alamat penerima.
  6. AU to OPS berarti barang yang sebelumnya belum sampai ke penerima telah di serahkan ke bagian operasional JNE. Selanjutnya akan dikirim ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas.
  7. Redelivery atau RD artinya barang telah dikirim kembali ke alamat penerima.
  8. Cnee Unknown berarti nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengiriman barang ke alamat tersebut. Jika ini merupakan barang anda silahkan hubungi ke pihak JNE.
  9. AU berarti barang di kirim ulang karena pada hari sebelumnya tidak sempat mengirim. Biasanya karena barang yang di distribusikan banyak sehingga waktunya tidak cukup atau sudah habis jam kerjanya.
  10. BA ( Bad Adress ) artinya alamat penerima kurang lengkap dan menyulitkan saat pengiriman. Mungkin kurang RT, RW atau alamatnya kurang lengkap.
  11. Criss Cross yaitu kondisi barang tertukar. Jika ini terjadi pada anda silahkan hubungi pihak JNE saja untuk menanyakan barang tersebut. Jika memang diperlukan sampaikan alamat lengkap dan ciri-ciri barangnya ( bila anda tahu ).

Cara di atas bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Kami yakin anda sangat bisa.

Demikian tadi cara cek barang JNE yang bisa kami bagikan. Jika ada masukan bisa anda kirimkan melalui kolom komentar ya. Atau juga bisa lewat email.

Semoga artikel ini dapat membantu anda. Sampai jumpa di update artikel selanjutnya. Selamat mencoba !!

Sumber Inspirasi Artikel :

  1. Saung.net

Source of Images :

  1. Wikipedia
  2. JNE