Bahaya Menggunakan VPN Gratis di HP

Bahaya Menggunakan VPN – Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan VPN. Ya,, salah satu alternatif yang bisa di gunakan untuk koneksi internet dengan memakai IP negara atau wilayah lain.

Beberapa waktu yang lalu sempat ada pembatasan yang di lakukan oleh pemerintah mengenai penggunaan media sosial. Seperti yang kita ketahui bersama, langkah ini diambil untuk memperkecil adanya upaya-upaya menyebarkan hoaxs atau berita palsu melalui media sosial.

Bahaya Menggunakan VPN
Bahaya Menggunakan VPN

Saat ini media sosial merupakan salah satu alat yang sangat mudah di gunakan untuk menyebarkan berbagai hal. Baik positif maupun negatif. Dengan banyaknya pengguna baik facebook, whatsapp, instagram dan lain sebagainya, tentu akan sangat mudah mempengaruhi pengguna.

“BACA JUGA : Cara Menyimpan Video Instagram dengan Mudah

Seperti yang juga kita ketahui bersama, pada tanggal 22 mei 2019 ini dilakukan beberapa pembatasan. Media sosial seperti whatsapp untuk sementara waktu tidak bisa mengirim file berupa foto dan video. Kami rasa ini menjadi langkah yang terpaksa harus di lakukan oleh pemerintah guna menekan kabar-kabar hoax. Jika tidak, kemungkinan sudah tersebar berita-berita yang berbeda dengan fakta di lapangan.

Namun meski di lakukan pembatasan tersebut, masih banyak orang yang menggunakan cara lain untuk bisa “mengakali” hal ini. Yaitu dengan menggunakan VPN. Di google banyak sekali tersedia VPN gratis yang bisa di gunakan. Lantas apakah aman? Setidaknya ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda untuk menggunakan VPN ini. Apa saja? Simak di bawah ini ya.

Bahaya Menggunakan VPN

Rawan Pencurian Data

Menggunakan VPN ini berpotensi adanya pencurian data oleh penyedianya. Terutama saat sedang aktif. Sebab, saat ponsel anda terhubung dengan server penyedia layanan VPN, mereka bisa melihat data anda.

“Pada prinsip kerjanya ( VPN ) sama kayak proxy server. Apapun yang lewat melalui proxy server, bisa di lihat oleh pemilik proxy” ujar Alfons seperti yang di langsir oleh CNN Indonesia pada 22 Mei 2019 melalui sambungan telepon.

Adapun berbagai data yang bisa di transmisi bisa berupa Username ( nama pengguna ), Password ( kata sandi ) dan berbagai data penting lainnya. Transmisi ini bisa tanpa sepengetahuan kita.

“BACA JUGA : Cara Melihat Stalker Instagram Anda

Disusupi Malware

Perangkat telepon yang terhubung dengan VPN sembarangan juga memiliki resiko dan berpotensi di suntikkan malware.

Seperti yang di sampaikan juga oleh Alfons yaitu “Di susupi malware bisa dilakukan di tengah jalan. Kalau ( ponsel ) sudah di sisipi malware, dia ( pemilik malware ) bisa ngapain aja. Jadi resiko cukup tinggi” seperti yang di langsir oleh CNN Indonesia.

Dengan di susupi malware inilah informasi penting yang ada di ponsel kita telah “di lihat” oleh pemilik. Jadi tetap hati-hati dalam memilih VPN.

Membuat Profil Pengguna

Alfons juga menjelaskan bahwa proses pembuatan profil pengguna ini mirip dengan Cambridge Analytica kasusnya. Mereka membuat profil dari data Facebook.

Melalui profiling inilah, menurut Alfons para penjahat siber bisa membuat peta kebiasaan dan digunakan untuk mengarahkan opini penggunanya.

“Kalau VPN dipakai dalam jangka waktu yang lama, profil kita bisa ketahuan. Misalnya ketahuan kita suka otomotif, pilihan politik seperti apa, bisa di salahgunakan kayak kasus Cambridge Analytica”, tambah Alfons yang di langsir oleh CNN Indonesia.

Saat ini pemerintah telah melakukan pembatasan untuk pengguna Whatsapp serta di lakukan secara bertahap. Adapun cara yang di lakukan adalah dengan menurunkan kecepatan koneksi upload dan download baik foto maupun video.

“BACA JUGA : Cara Menambah Follower Instagram dengan Cepat

Kesimpulan Bahaya Menggunakan VPN

Dengan adanya bahaya tersebut, kami menyarankan untuk tetap berhati-hati dalam memilih penyedia VPN. Tapi jika memang ragu, lebih baik untuk tidak menggunakan saja untuk menghindari adanya pencurian data penting kita.

Sumber Inspirasi Artikel :

  1. CNN Indonesia